Minggu, 04 Agustus 2013

Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan untuk ibu hamil muda harus memiliki kandugan gizi yang tinggi, ibu hamil yang sedang hamil muda tidak boleh ceroboh dan asal dalam memilih makanan untuk dikonsumsi, sehingga ibu dan janin bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, dan menyehatkan. Karena pada awal masa kehamilan sangatlah rentan terhadap keguguran, oleh sebab itu pola makan dan makanan yang akan dikonsumsi harus memenuhi kandungan nutrisi yang cukup untuk menhindari masalah tersebut.

Makanan Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan mempunyai peran yang sangat penting dalam masa kehamilan, karena asupan makanan akan diberikan langsung oleh ibu kepada janin mealui tali pusar. Maka dari itu jika makanan yang dikonsumsi tidak baik akan menimbulkan efek yang tidak baik juga untuk janin didalam kandungan, namun sebaliknya, jika asupan nutrisi nya mencukupi maka janin akan tumbuh dengan sehat, kuat, da cerdas.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang diwajibkan ada pada makanan untuk ibu hamil muda


Protein – Makanan yang mengandung banyak protein adalah kacang-kacangan, telur, kedelai, dan daging merah. Untuk daging merah, dianjurkan agar daging sudah terbebas dari lemak, dan hindari mengkonsumsi daging yang masih belum matang atau yang masih setengah matang, karena ddalam daging yang masih mentah terdapat banyak sekali bakteri yang dapat membahayakan janin.

Karbohidrat dan Serat – Konsumsilah makanan yang kaya akan serat, karena itu akan melancarkan sistem pencernaan ibu. Makanan yang mengandung banyak serat dan karbohidrat adalah beras merah, kentang, umbi-umbian, dan juga gandum.

Vitamin – Vitamin merupakan sumber energi bagi ibu hamil, hendaknya makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan vitamin lengkap seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan asm folat juga omega 3 dan 6. Vitamin tersebut terdapat pada makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, susu dan produk olahana nya seperti yoghurt dan keju.

Zat Besi – Makanan yang mengandung zat besi seperti daging, hati, bayam, dan sayuran lain nya, sangat dibutuhkan pada masa kehamilan agar ibu terhindar dari anemia, selain itu janin di dalam kandungan pun membutuhkan zat besi untuk mendapatkan nutrisi dan oksigen melalui makanan yang dikonsumsi oleh ibu melalui plasenta.

Mineral - Banyak mengkonsumsi air putih yang cukup sangat baik pada saat kehamilan, itu ditujukan agar ibu tidak mengalami dehidrasi karena pada biasa nya ibu hamil akan mudah mengalami kelelahan dan membutuhkan banyak mineral. Konsumsi minima 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan mineral.

Demikian diatas adalah beberapa kandungan nutrisi penting yang harus terdapat pada makanan untuk ibu hamil muda, semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil muda.

PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN Cara Cepat Hamil

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

POPULAR POSTS